Barra Sembuh Ya..

Sekarang baru tau rasanya sakit hati kalau anak sakit. Udah seminggu Barra batuk flu berat, disusul diare dan muntah-muntah, lengkap dengan demam tingginya. Penyakit biasa katanya, tapi kalo anak sendiri yang ngalamin sampe bikin seisi rumah senewen, gak bisa tidur, emosian, dan jadi sakit juga, masa’ iya mau bilang itu penyakit biasa? Apalagi selama 7 bulan, ini perdana Barra sakit. Dunia rasanya runtuh..hiks.

Buat temen-temen saya yang masih kinyis2 *pret :p* dan lagi pusing skripsi, nih saya kasihtau. Jangan nyinyir loh sama buibu yang pusing karena anaknya CUMA sakit flu (Ya Allah..gak maksud minta sakit yang lebih2 kok..naudzubillah..). Sakit hatinya jauh lebih periiiih dari skripsi yang dicoret-coret dosen loh. Serius! :p *pengalaman pribadi hihihi*

Sedihnya sampe sekarang Barra gak mau makan, gak bisa minum obat, kadang minum ASI pun muntah. Jadi beberapa hari kemarin saya masak gak dimakan sama Barra dan berujung di tempat sampah, huhu. Sediiihhh..
Dan beberapa kali tiap malam saya dan Aa nyaris gak tidur karena Barra selalu muntah tiap nenen dan maunya digendong-gendong terus sambil kelilingin seisi rumah (ini kebiasaan sama papanya tiap pulang kantor pasti minta gendong trus keliling2 didalem rumah, ke dapur ruang tamu ke kamar, sampeeee dia puas dan cape lalu minta tidur).
Waktu ke dokter buat periksa, ternyata disana banyak juga bayi yang sakit serupa. Emang cuaca lagi gak bagus ya, lagi pergantian dari musim hujan ke musim panas.
Saking pusingnya dan pikiran gak karuan mikirin Barra, saya sampe lupa bayar pas makan di MM Juice RS Premier Bintaro hahaha. Tapi saya balik lagi dong kesana :p

Apalah daya Barra gak bisa banget minum obat karena selalu dimuntahin sementara batuk flunya gak membaik malah makin melengking lalu nangis saking perih batuknya. Kasian kan ya 😦 Akhirnya saya bawa lagi Barra ke RS buat terapi uap (sekalian pengen tau gimana sih diuapin itu). Sebelum kesana saya uapin (lebih tepatnya sauna sih) Barra dulu dirumah pake cara tradisional yaitu:
– Tuang air mendidih ke baskom (air hangat gapapa tapi paling bagus yang mendidih karena banyak uapnya)
– Tambahkan minyak kayu putih kurleb 5 tetes (saya pakai lebih karena makin enak baunya)
– Simpan di sudut ruangan tertutup (di kamar), pintu dan jendela harus ditutup juga matikan AC.
– Lakukan treatment ini tiap pagi dan sore (kalo saya mah sepanjang hari karena enak bangeeet kayak aromaterapi πŸ˜€ )

Sebelum diterapi uap Barra diperiksa dokter fisioterapinya dulu buat lihat seberapa banyak lendir/dahaknya. Ternyata emang udah banyak banget. Pantes batuknya begitu kan. Dokter jadwalin Barra harus 4 kali terapi, sekali tiap harinya. It’s means Senin-Kamis kita musti ke RS.

Awalnya Barra tidur jadi enak nguapinnya, tiba2 bangun dan kaget denger bunyi mesin uapnya. Sempet gak mau diuapin lagi tapi pas udah kena semprotan airnya yang adem itu, malah mangap2 keenakan dia haha.

Setelah obat uapnya habis, Barra lanjut disinar. Gunanya untuk merelaksasikan otot-otot yang tegang. Berasa gak sih kalo lagi flu semua badan ikut gak enak? Nah salah satunya karena otot tegang itu. Juga biar lendir/dahaknya lebih cepat mencair dan keluar katanya.
TAPI…kalo menurut saya ini gak perlu2 amat. Saya sampe nanyaaa berkali-kali sama si terapisnya, “Ini aman gak? Ini ada efeknya gak? Tadi gunanya buat apa aja mas? Tolong ulangi” hahaha bawel ya. Walopun si masnya bilang itu aman, tapi saya tetep ragu. Tetep disinar sih jadinya..tapi ya jadi mainan Barra deh ditendang-tendang.

Bener aja nyampe rumah saya dimarahin Aa karena gak bilang dulu Barra disinar, “Itu pasti ada radiasinya, Neng. Pokoknya gak boleh ambil tindakan apa-apa kalo gak bilang dulu sama Aa”.
Hiks..iya sih saya salah banget sotoy gitu. Maafin ya, Pa..

Barra 7m3w.
lagi aktif belajar duduk pas sakit ini.
saya pikir udah mau sembuh, ternyata setelah main malah muntah banyak 😦
mudah2an emang kamu mau banyak pinternya ya sayang..
tapi kalo bisa gak usah pake sakit dulu kalo mau pinter-pinter yang lainnya ya, Nak.. 😦

Setelah diuapin di RS dan dirumah, malamnya Barra bobo nyenyaaakk banget, sama sekali gak nangis kayak biasanya. Alhamdulillah..it works!
Besoknya udah males-malesan mau ke RS lagi karena gantian saya yang tepar beraaat! Kepala pening banget, hidung meler dan bersin-bersin terus. Ah, kita istirahat dulu ya, De..

Eh sampe sekarang nih kita belum balik-balik lagi ke RS hehe. Karena dipikir-pikir mahal banget biayanya. Ya..walopun di-reimburse kantor Aa sih..
Dikasih bocoran deh niΒ biaya terapi uap di RS Premier Bintaro:
– Biaya dokter (2x pertemuan di awal dan akhir terapi) Rp. 200ribu x 2 = Rp. 400ribu
– Terapi uap (termasuk disinar) Rp. 146ribu x 4 = Rp. 580ribu
– Alat uapnya (duh namanya apa ya, yang corong ke mulutnya itu loh. jadi milik pribadi) Rp. 66ribu
– Administrasi Rp. 35ribu x 4 = Rp. 140ribu
*belum termasuk ongkos taksi 70ribu tiap harinya.
*belum termasuk tenaga dan bosennya nunggu giliran
*belum termasuk pulang-pulang dari RS malah tambah tepar kecapean
*belum biaya makan dan jajan2 disana (yaelah, Feeen..) :p

Bukan maksudnya kok tega anak sakit pake perhitungan segala. Tapi..ada cara lain agar anak sembuh tapi kantong gak jebol-jebol amat apalagi buat yang gak dicover asuransi ato di-reimburse perusahaan kayak saya pas hamil kemarin HIKS. Apalagi buat anak yang sering banget kena batuk pilek. Nangis gak tuh kalo tiap mau terapi uap musti bayar segitu? (in case kalo si anak gak bisa minum obat dan udah gak ada cara lain buat sembuh ya)

Jadi mending beli sendiri alat uap (mesinnya) itu seharga 600-800ribuan. Ada kok di apotek besar, ato kalo yang di Jakarta bisa ke Pasar Pramuka tempat alat-alat kedokteran. Lumayan banget kan bisa kepake sampai anak-anak besar, bisa dipake sama anggota keluarga lainnya juga. Kalo soal obat/cairan untuk uapnya, kita bisa minta resep ke dokter, biar dosisnya pas gak berlebihan. Β Nah lebih hemat kaan..

Tapi mudah-mudahaaaannnn kita selalu diberikan kesehatan ya sama Allah.. itu pasti jauh lebih lebih hemat kaaan πŸ˜€

Yaudah doain Barra cepet sembuh yaa. Alhamdulillah hari ini dia udah ceria, udah mau main-main lagi, tapi tetep belum mau makan dan batuk flunya masih ada sedikit.

Habis sembuh, makin pinter ya sayang..

Iklan

14 Comments Add yours

  1. intan lestari berkata:

    Cepat sembuh anak ganteng!! Mamany jg yaa..
    Emang lg musim deh Iin itu batuk ma pilek..
    Nendra jg sempet pilek kmrn gara2 kelamaan renang ma ayahny..hiks untung cm 4hr ..

    http://www.minesmore.blogspot.com

    Suka

  2. Pritasyalala berkata:

    cepet sembuh barra sayang…
    Rotavirus bukan sih fen? persis bener ini mah kayak Birru pas usia 4 bulan lalu, tidur nggak, melek capek, jalan pake kepala, mikir pake kaki, wis ra karu-karuan.
    cepet sembuh Barra dan mamanya…biar bis aikut GA2an lagiiiiii :')
    *peyuk Barra dan Fenti*

    Suka

  3. Baginda Ratu berkata:

    Huhuhuhu, patah hati ya, Fen. Kalo krucil sakit… 😦 Mana mahal pula ituuuu biaya berobatnyaaaa… *itungan itu penting* :p
    Eh, tapi kemaren itu Barra pake diare juga nggak sih, Fen? Biasanya emang ya, anak kecil itu suka sakit loh, kalo mau nambah kepinteran. Rada mustahil, tapi berdasarkan pengalamanku dengan A3 emang bener begitu, tuh. Jadi mudah2an habis ini Barra jadi makin pinter (dan sehat) ya, cah bagus.. πŸ™‚

    Suka

  4. Mba Intan : amiiiin makasih doanya mba intaan. Iya banyak bayo yg sakit gini juga. Mending musim mangga ato musim kawin deh yaa daripada musim penyakit hiks 😦

    Suka

  5. Makasih Birru dan tante Pritaaa :*
    Eh gatau deh ini aku gak cek lab. Tapi jata dokter sih emang batpil aja. Dulu birru gejalanya apa aja tuh?
    Hahaha iya ini snewen anak sakit aampe si bubuo bikin GA aja aku g ikutaaan hahaha

    Suka

  6. Prita Dharmawan berkata:

    sama fen, muntah tiap nen. dulu khawatir banget karna khan birru cm nen doang blom makan. abis itu krn asupan cairan gak ada krn dimuntahin terus, birru panas, bahkan sampe 39, 5 😦 😦 kalo inget suka ngelus dada
    pas udah gak demam, mulai diare, tapi cuma seharian eh 2 hari lah. dulu pas masih nen birru emang pupnya jarang… katanya sih itu one of rotavirus, tapi yg masih skala kecil.
    alhamdulillah abis itu tambah pinter, mulai tengkurep sendiri :')
    mudah2an mau bisa duduk sendiri ya nak….nanti barengan birru lagi deh bisa duduknya.
    kalo bisa home treatment aja fen. dulu ibuku sampe maki2 aku krn liat keadaan birru demam gitu tapi aku gak mau bawa ke RS. cukup skin to skin aja, bapak ibunya ada, ngaruh banget loh. gak sampe 3 hari, birru udah gak demam dan gak muntah. ibuku akhirnya gak 'banci bawa ke RS segera' lagi deh :p

    Suka

  7. awandani berkata:

    Semoga Barra cepetpulih ya Bu. Emang kalo anak sakit itu setresnya ngalah-ngalahin skripsi yang disuruh revisi. Ngalah-ngalahin tegangnya ujian tugas akhir S1. Hahahaha. Belom pernah ngerasain yang s2 soalnya.
    Pas anak demam sampe 40 derajat pertama kalinya sayahnya yang panik luar biasa. sampe diminumin tempra itu anak, untung istri saya tenang dan akhirnya tempra dimuntahin anaknya.
    Semoga sehat selalu ya semuanya..

    Suka

  8. Mba Fitri : iya mba dia diare juga. Emang kayaknya bener ya mba. Ini barra emang lg mau duduk, gigi juga mau numbuh, mau merangkak, ngocehnya buanyaak πŸ˜€
    Aku akhirnya xuma sekali ke RS buat uap itu, abisan kok gak rasional harganya haha.

    Suka

  9. Aku S1 pun beluuumm bahahaha *sotoy kan ya?

    Tuhkan mas Dan..bener kan yaa bikin stres bangeeet. Dan suami yg panikan biasanya bikin istri makin panik haha, tp istrimu hebat sekaliii! πŸ˜€
    Alhamdulillah sekarang udah pulih mas, mau pinter yaa kayaknya. Makasih doanya ya mas πŸ™‚

    Suka

  10. Nah iya waktu itu aku lupa skin to skin euyy 😦 aku sama suami panikan kmrn dan gak ada keluarga disini, jd kita pasrah serahkan sm yg ahli 😦
    Mudah2an birru tetep sehat yaa :*

    Suka

  11. di rumah aku sedia alat Nebulizer nya fen, anak batuk tinggal di uap sdri aja…beli waktu Kyara 6 bulan, abis diana sampe berbulan2 ga sembuh2. si nebul ini kepake bgttt sampe skr, kadang dipinjem kakung nya jg

    beli yg gede dulu 800k worth it bgttt kok! jadi klo batuk/pilek ga dikit2 obat, tinggal nebul aja, kadang ga perlu pke obat uap, cukup menghirup NaCl aja buat menghancurkan dahaknya, plus mandi air garem & tidur tanpa AC niscaya batuk lekas berlalu (eh tapi jaman skr batuk makin ganas lho!) *BIG HUG buat Fenti ah* ttp takjubbb, seumur kamu aku masi gonta ganti pacar soalnya …hahahaha

    Suka

  12. nonikhairani.com berkata:

    cepet sembuh yaa anak ganteng, semoga gak sakit2 lagi πŸ™‚

    Suka

  13. Mba diaaan ih aku baru baca komen ini maappp yah. Dan BIG HUH jg buat mba udah ngasih info berguna bangeet. Tau gak sih, skrg mba masuk list orang2 yg aku jadiin contoh dalam perumahtanggaan hehe β™₯

    Suka

  14. Mba Non maad aku br baca komen disini hihi. Makasih banyak ya mbaa^^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s